Jumat, 26 Februari 2010

Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang para anggotanya mempunyai kesadaran akan adanya kesamaan dan saling berinteraksi, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. kelompok - kelompok sosial tersebut terbagi dalam dua bentuk :
A. Kelompok Kecil (face to face grouping)
Contoh kelompok kecil : Pertemanan dan kelompok kekerabatan
B. Kelompok Besar
Contoh Kelompok besar : masyarakat desa, masyarakat kota, dan bangsa.
Kelompok sosial bukan merupakan kelompok statis, melainkan kelompok - kelompok sosial tersebut bersifat dinamis, artinya selalu mengalami perkembangan dan perubahaan. perkembangan dan perubahaan yang terjadi dalam suatu kelompok sosial disebabkan adanya pengaruh baik dari luar maupun dari dalam kelompok itu sendiri. Pengaruh dari luar misalnya perubahaan situasi sosial, ekonomi, maupun politik, sedangkan pengaruh dari dalam bisa berupa gejala konflik yang senantiasa terjadi bila timbul ketidaksemibangan dalam kelompok.
Perkembangan - perkembangan kelompok sosial akan menentukan kehidupan kelompok di masa yang akan datang. lebih dari itu, perkembangan masyarakat yang semakin rumit dengan adanya heterogenitas dan spesialis yang tinggi menyebabkan diperlukan kelompok - kelompok resmi dibentuk.

Tidak ada komentar: